Persiapan Pembukaan Prodi Manajemenen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana Gelar FGD Penyusunan Visi dan Misi Prodi

avatar Pak Tur
Pak Tur

502 x dilihat
Persiapan Pembukaan Prodi Manajemenen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana Gelar FGD Penyusunan Visi dan Misi Prodi



PASCASARJANA.IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Dalam rangka pemenuhan instrumen borang pembukaan Program Studi (Prodi) baru, Program Pascasarjana IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Visi dan Misi Prodi Manajemen Pendidikan Islam. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Rabu, 20/9/2023 bertempat di ruang pertemuan Lt. II Gedung Terpadu IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.

Para peserta dalam kegiatan FGD ini merupakan para pemangku kepentingan di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Prov. Kep. Bangka Belitung, pakar di bidang Manajemen Pendidikan dan beberapa Universitas di seputar wilayah Bangka seperti Universitas Bangka Belitung dan Universitas Pertiba. Acara pembukaan dipandu oleh Kaprodi Ekonomi Syariah Dr. Wulpiah, M.Ag, yang dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan Direktur Pascasarjana dan sambutan Rektor, serta ditutup dengan pembacaan Doa. 

Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. Hadarah, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk pengembangan lembaga maka Pascasarjana akan mengusulkan pembukaan prodi dalam waktu dekat. "Setelah selesai FGD ini maka hasilnya nanti akan kami sampaikan kepada Senat IAIN, setelah disetujui maka di bulan Oktober 2023 insya Allah akan di-submit borang pembukaan Prodi Manajemen Pendidikan Islam ini ke aplikasi", ujar Hadarah.

Selaras dengan Direktur Pascasarjana, Rektor IAIN SAS Babel, Dr. Irawan, M.S.I dalam sambutannya menyampaikan bahwa IAIN SAS Babel perlu melakukan penguatan dan pengembangan lembaga, peningkatan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatan jumlah Program Studi. Apalagi target kedepannya IAIN akan bertransformasi dari Institut menjadi Universitas, tentu segala sesuatunya harus disiapkan dari sekarang. Selain itu Irawan memberi pesan kepada Pengelola Pascasarjana agar dapat melakukan dokumentasi dalam penyusunan visi, misi dan tujuan Prodi Manajemen Pendidikan Islam ini dengan baik  dan lengkap. Baik berupa dokumen, foto maupun video sehingga ketika asesor melakukan pemerikaan kelengkapan dokumen bisa terpenuhi dengan baik danlengkap.

Pada sesi acara FGD yang dimoderatori oleh Wakil Direktur Pascasarjana Dr. Tinggal Purwanto, M.S.I., dipaparkan draf visi, misi dan tujuan Prodi Manajemen Pendidikan Islam yang telah disusun oleh Tim beberapa waktu sebelumnya. Dari pemaparan draf tersebut , kemudian diberikan kesempatan kepada peserta FGD untuk memberikan tanggapan dan didiskusikan untuk bahan perbaikan. Nantinya setelah visi misi tersebut difinalisasi maka akan diserahkan kepada SENAT IAIN SAS BAbel untuk mendapatkan penetapan atau pengesahan.